Tanda-Tanda Fisik Mengejutkan Dari Penyakit Jantung

Tanda-Tanda Fisik Mengejutkan Dari Penyakit Jantung


Banyak orang mengaitkan penyakit jantung dengan gejala yang jelas, seperti nyeri dada. Tetapi ada beberapa koneksi yang tidak begitu jelas, seperti kaki bengkak atau gusi berdarah, yang juga harus mendapat pemeriksaan jantung dari dokter Anda.



Bendera merah klasik untuk serangan jantung akrab bagi siapa saja yang telah menonton drama medis di televisi. Pasien, biasanya pria yang lebih tua, mulai mendesah dan terengah-engah. Lalu dia mencengkeram dadanya, terhuyung, dan akhirnya jatuh. Dalam kehidupan nyata, tanda dan gejala penyakit jantung jauh lebih bervariasi dan halus.


Tanda-Tanda Versus Gejala Penyakit Jantung


Pertama, beberapa definisi. Gejala penyakit jantung adalah indikasi yang Anda rasakan atau alami, sementara tanda penyakit jantung adalah sesuatu yang dapat dilihat atau ditemukan dokter. Gejala penyakit jantung yang jelas termasuk sesak napas dan  nyeri dada . Tetapi dokter Anda juga akan mencari tanda-tanda penyakit jantung yang umum selama pemeriksaan atau dalam wawancara pasien.


Mengetahui tanda-tanda penyakit jantung itu penting karena Anda mungkin memilikinya sebelum Anda mengalami salah satu gejala penyakit jantung yang umum . Membiarkan dokter Anda tahu tentang tanda-tanda peringatan ini dapat membantu Anda mendapatkan pengobatan dini untuk penyakit jantung.


"Tanda-tanda seperti pembengkakan pergelangan kaki atau kenaikan berat badan tidak selalu berarti Anda memiliki penyakit jantung, tetapi diambil bersama-sama dengan gejala penyakit jantung lainnya, penelitian laboratorium, dan riwayat keluarga , mereka adalah bagian penting dari membuat diagnosis penyakit jantung atau gagal jantung, "kata Carl E. Orringer, MD , profesor kedokteran dan direktur dari Preventive Cardiovascular Medicine dan LDL Apheresis Programs di University of Miami Miller School of Medicine.


Pembengkakan Kaki Dan Kaki Bawah


Retensi cairan di kaki dan kaki dikenal sebagai edema perifer. Edema dapat muncul sebagai "tanda kaus kaki" pada kaki dan pergelangan kaki Anda pada akhir hari, terutama jika Anda mengenakan kaus kaki atau selang yang ketat. Edema perifer ringan sering terjadi. Dokter Anda dapat memeriksa tanda ini dengan menekan jari di pergelangan kaki Anda atau tulang kering untuk melihat apakah depresi atau penyok tertinggal. Ini disebut "pitting edema" dan itu bisa menunjukkan gagal jantung kongestif.


Edema mungkin merupakan tanda gagal jantung karena ketika jantung Anda tidak memompa dengan baik, cairan dari dalam pembuluh darah Anda cenderung bocor ke jaringan sekitarnya. Kaki dan pergelangan kaki adalah area umum untuk edema karena efek gravitasi.


"Edema perifer mungkin disebabkan oleh sejumlah masalah," kata Dr. Orringer. "Intinya adalah bahwa kebanyakan orang dengan edema perifer tidak memiliki penyakit jantung, tetapi itu bisa menjadi tanda penting jika ada tanda dan gejala lain gagal jantung . "


Kebotakan


"Jika Anda menonton salah satu pernikahan kerajaan, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Pangeran William botak di bagian atas kepalanya. Jenis botak mahkota kepala pada pria muda mungkin menjadi tanda peningkatan risiko untuk penyakit jantung , "kata Orringer.


Beberapa penelitian besar telah mengkonfirmasi hubungan antara kebotakan dan penyakit jantung. Dibandingkan dengan pria dengan rambut kepala penuh, pria dengan kehilangan mahkota memiliki peningkatan risiko penyakit jantung sekitar 23 persen. Pria dengan rambut rontok total di bagian atas kepala mereka memiliki peningkatan risiko sebesar 36 persen.


Kombinasi rambut rontok, tekanan darah tinggi , dan kolesterol tinggi mendorong risiko lebih tinggi. Hubungan ini mungkin karena terlalu banyak hormon testosteron laki-laki , yang mengganggu pertumbuhan rambut di kepala dan menyebabkan pengerasan arteri. Itu tidak berarti Anda ditakdirkan untuk penyakit jantung jika Anda botak, tetapi itu menyarankan Anda harus disaring lebih hati-hati untuk tanda-tanda dan gejala lain dari penyakit jantung .


Benjolan Kuning Pada Kulit


Xanthomas adalah timbunan lemak yang terbentuk di bawah kulit. Mereka mungkin tampak seperti tonjolan kuning kecil atau sebagai plak lebar dan datar di siku, lutut, tangan, kaki, atau bokong. Jenis xanthoma yang disebut xanthelasma palpebrarum muncul di kelopak mata. Deposito lemak kuning ini berpotensi menjadi tanda penyakit jantung karena dapat mengindikasikan kadar lemak yang tinggi dalam darah.


"Xanthoma mungkin merupakan tanda dari tipe gangguan darah yang langka dan diturunkan, di mana kadar trigliserida yang tinggi menumpuk dalam darah. Xanthoma juga bisa menjadi tanda peningkatan kolesterol, dan mereka mungkin hilang setelah kadar kolesterol terkendali," kata Orringer. .


Penyakit Gusi


Bengkak yang bengkak, sakit, atau berdarah biasanya merupakan tanda kebersihan mulut yang buruk, tetapi bisa juga merupakan tanda penting penyakit jantung. "Hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung adalah masalah nyata," kata Orringer. "Ada banyak penelitian yang tersedia sekarang yang mendukung koneksi ini."


Penyakit gusi dan penyakit jantung mungkin terkait karena keduanya merupakan tanda-tanda sirkulasi yang buruk, atau mungkin ada bakteri umum yang terlibat dalam penyakit gusi dan penumpukan plak di dalam arteri koroner. Hubungan ini juga ada kaitannya dengan respons tubuh terhadap peradangan yang berkepanjangan. Bagaimanapun, merawat gigi dan gusi dengan lebih baik mungkin merupakan cara yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.


Stres Emosional


Melemahnya otot jantung disertai dengan stres emosional yang luar biasa, kesedihan, atau kehilangan, terutama pada wanita, disebut takotsubo cardiomyopathy, atau sindrom patah hati . Ketika ini terjadi, hormon stres yang melonjak, terutama adrenalin, memicu nyeri jantung yang terasa sangat mirip serangan jantung, seringkali dengan jantung berdebar-debar, sesak napas, dan kemerahan. Tetapi tidak seperti selama serangan jantung yang nyata, arteri tidak tersumbat. Kondisi yang berpotensi serius dan sering diabaikan ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria ; pada kenyataannya, pria hanya mengambil 10 persen dari kasus yang didiagnosis.


Tanda-Tanda Kegagalan Jantung


Gagal jantung berarti jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Itu tidak berarti hati telah gagal. Istilah lain untuk gagal jantung adalah gagal jantung kongestif , atau CHF. Gagal jantung berangsur-angsur memburuk seiring berjalannya waktu. Beberapa tanda peringatan dini mungkin termasuk:


Berat Badan  Jika jantung Anda mulai gagal dan cairan mulai menumpuk di jaringan Anda, menyebabkan edema, Anda mungkin melihat kenaikan berat badan secara tiba-tiba.


Sering buang air kecil  Gagal jantung dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke ginjal, yang menyebabkan Anda menahan lebih banyak cairan. Salah satu tanda-tanda cairan ini mungkin sering buang air kecil.


Katarak  Meskipun penyebab pasti hubungan antara katarak dan penyakit jantung tidak diketahui, penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki katarak berisiko lebih tinggi untuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. "Link ini mungkin lebih merupakan asosiasi daripada tanda penyakit jantung," kata Orringer.


Batuk Malam Hari  "Salah satu tanda gagal jantung adalah penumpukan cairan di dada dan jantung ketika berbaring telentang di malam hari. Cairan yang meningkat ini dapat menyebabkan batuk di malam hari," jelas Orringer.


Ingat bahwa semua tanda penyakit jantung ini mungkin memiliki banyak penyebab yang berbeda. Mereka tidak berarti Anda memiliki atau akan terkena penyakit jantung. Tetapi dikombinasikan dengan tanda dan gejala penyakit jantung lainnya, tes darah Anda, dan riwayat keluarga Anda, mereka memberi dokter Anda kesempatan terbaik untuk menemukan penyakit jantung sejak dini dan menjaga Anda tetap sehat.


Baca Juga : Perbedaan Antara Serangan Jantung Dan Panik

Khasiat Jelly Gamat Gold-G Bagi Kesehatan Jantung

Author:

Facebook Comment