15 Makanan Sehat Jantung Diet Dan Faktor Serius Untuk Kesehatan Jantung

15 Makanan Sehat Jantung Diet Dan Faktor Serius Untuk Kesehatan Jantung


Jantung adalah organ utama tubuh yang bertindak sebagai titik pivot untuk fungsi tubuh. Jika hati Anda bekerja maka Anda hidup. Fungsi utama jantung adalah untuk pertama mengoksigenasikan darah dengan mengirimkannya ke paru-paru dan kemudian mengirim darah beroksigen ini ke organ-organ tubuh yang lain untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik. Kadar gula darah, tingkat kolesterol, berat badan, tekanan darah, olahraga, dan makanan yang Anda konsumsi semuanya memengaruhi kesehatan dan aktivitas jantung Anda sehingga penting untuk memilih gaya hidup yang sehat agar jantung berfungsi dengan baik.



Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Jantung


Tekanan Darah Tinggi


Tingkat normal tekanan darah penting untuk aktivitas jantung yang sehat. Peraturan dalam tekanan darah dapat mempengaruhi aktivitas normal jantung. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan massa tubuh dan dengan demikian menghasilkan kondisi berat badan yang tinggi. Ketika tubuh mengandung lemak dalam jumlah besar, jantung harus bekerja lebih keras dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh.


Ini menempatkan tekanan ekstra pada dinding dan otot jantung dan dengan demikian risiko kerusakan arteri dan pembuluh ganda. Untuk mengatasi hal ini penting untuk memiliki berat badan rendah.


Latihan Yang Buruk


Olahraga membantu membakar lemak berlebih di tubuh Anda dan dengan demikian menjaga detak jantung Anda tetap normal. Jika tidak ada atau olahraga yang buruk dilakukan, ini akan menambah lemak ekstra di tubuh dan di sekitar pembuluh darah yang kemudian mempengaruhi fungsi jantung.


Kadar Kolesterol


tinggi Kadar kolesterol tinggi juga mempengaruhi fungsi jantung dan otot jantung. Ada dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh yang dikenal sebagai lipoprotein dengan kepadatan tinggi dan lipoprotein dengan kepadatan rendah. Lipoprotein dengan kepadatan tinggi atau HDL penting untuk tubuh dan karenanya penting untuk tubuh. Sedangkan, LDL atau lipoprotein densitas rendah masuk ke dalam tubuh ketika makanan dengan jumlah tinggi lemak jenuh dikonsumsi. Ini terakumulasi dalam tubuh dan membentuk wabah yang keras. Wabah ini menghalangi arteri dan darah tidak dapat mengalir melalui mereka dengan mudah sehingga meningkatkan risiko stroke jantung.


Sirkulasi Darah Yang Buruk


Sirkulasi darah yang tepat penting untuk menjaga darah mengalir melalui tubuh. Ini mengangkut nutrisi penting dan oksigen ke jaringan. Jika jaringan tidak mendapatkan jumlah oksigen yang tepat, mereka akhirnya akan mati dan juga dapat menyebabkan kematian keseluruhan tubuh. Hipertensi, kadar kolesterol tinggi, dan penyakit jantung lainnya dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk ke seluruh tubuh.


15 Makanan sehat jantung


Untuk menjaga kesehatan otot jantung, penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting yang memperkuat otot-otot jantung dan juga menjaga aliran darah ke seluruh tubuh. Beberapa makanan sehat jantung dikenal seperti;


1) Berries


Berries meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tingkat tekanan darah dan juga meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh. Polifenol hadir di dalamnya yang mengandung nitrit oksida yang meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga otot-otot yang kuat. Mereka juga mengendurkan pembuluh darah untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh


2) Kismis


Kismis adalah makanan penting yang memiliki senyawa anti-oksidan dan anti-inflamasi yang ada di dalamnya. Ini menjauhkan bakteri berbahaya dan juga mencegah radang saraf dan otot. Laporan menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita penyakit gusi juga memiliki penyakit jantung tertentu. Kismis penting dalam mengurangi peradangan pada gusi dan otot-otot jantung dan dengan demikian menjaga tubuh tetap sehat.


3) Yoghurt


Yoghurt dan produk susu mengandung probiotik yang melawan bakteri berbahaya di mulut dan dengan demikian menjaga kesehatan mulut dan gusi. Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan gusi secara langsung terkait dengan kesehatan jantung, jadi penting untuk mengkonsumsi produk-produk yang meningkatkan detak jantung, membantu meningkatkan kekebalan dan memperbaiki pencernaan.


4) Kacang


Kacang-kacangan diisi dengan banyak senyawa yang berkhasiat untuk jantung seperti flavonoid yang mengurangi risiko serangan jantung dan juga menghambat adhesi trombosit dalam aliran darah. Mereka juga bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Juga, mereka mengandung serat larut yang memiliki banyak keuntungan seperti menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan mempromosikan gerakan usus. Ketika fermentasi serat terjadi di dalam tubuh, asam lemak rantai pendek diproduksi yang mengurangi kadar kolesterol dalam darah.


5) Ikan / Ikan Salmon


Ikan berminyak seperti Tuna dan Salmon mengandung lemak Omega 3 di dalamnya yang membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah yang menyebabkan pembekuan darah. Lemak ini juga menjaga detak jantung halus dan normal. Lemak ini dikenal sebagai lemak baik untuk tubuh dan mengurangi insiden penyakit jantung. Ikan salmon mengandung jumlah lemak Omega 3 yang sangat tinggi.


6) Kacang


Kacang-kacangan memberi kita banyak mineral penting, vitamin, lemak tak jenuh tunggal dan jumlah lemak jenuh yang sangat sedikit. Semua bahan ini membantu menjaga tubuh dan jantung sehat dengan mempromosikan faktor pertumbuhan dan menjauhkan bakteri berbahaya. Kacang yang sehat termasuk almond, walnut, hazelnut dan kacang tanah.


7) Biji-Bijian Utuh


Biji-bijian utuh penting untuk menjaga jantung tetap sehat karena mengandung sejumlah besar senyawa anti-oksidan dan phytoserol yang menjaga patogen menjauh. Serat larut hadir yang mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Lemak ini menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Serat mengikat dirinya dengan asam empedu di dalam tubuh. Kolesterol membuat asam empedu ini. Serat mengikat dengan asam empedu dan dikeluarkan dari tubuh.


8) Tomat


Tomat adalah sumber kaya vitamin seperti vitamin A dan C, potasium dan serat. Seiring dengan ini hadir senyawa lain dalam tomat adalah Lycopene yang membantu untuk melawan berbagai penyakit di dalam tubuh. Dianjurkan untuk menggunakan tomat seperti mengandung nutrisi yang mempromosikan kesehatan jantung. Memasak dapat meningkatkan manfaat kesehatan buah ini karena dengan memasak lebih banyak likopen tersedia dan sifat anti-oksidan ditingkatkan.


9) Apel


Dengan bijak dikatakan bahwa sebuah apel sehari membuat dokter menjauh. Para peneliti mengatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi apel berisiko lebih rendah terkena penyakit koroner dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Banyak senyawa anti oksidan hadir dalam yang mengurangi risiko peradangan dan menghilangkan lemak jahat dari tubuh. Mereka adalah sumber kaya lemak larut yang disebut pektin yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Vitamin juga hadir dalam apel.


10) Pisang


Salah satu mineral penting yang ada di pisang adalah potasium yang menjaga detak jantung tetap dan juga mencegah ketidakseimbangan garam dalam tubuh. Mereka menjaga tekanan darah normal dengan mempromosikan ginjal untuk menghasilkan lebih banyak natrium. Ini juga penting dalam menurunkan retensi air dalam tubuh sehingga menjaga detak jantung normal.


11) Buah delima


Delima mempromosikan aliran darah terus menerus melalui arteri dengan menghapus plak yang terbentuk di pembuluh karena kolesterol jahat dan menghambat aliran darah. Mereka juga mempertahankan tekanan darah yang stabil. Mereka mengandung polifenol dan senyawa anti oksidan yang menjauhkan bakteri berbahaya dan dengan demikian meningkatkan kondisi jantung yang sehat.


12) Teh hijau


Teh hijau sangat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Ini membuat gusi sehat dan menurunkan risiko penyakit gusi dan kemudian secara otomatis kesehatan jantung menjadi lebih baik. Senyawa anti inflamasi tertentu hadir seperti Katekin yang menjauhkan bakteri dan menghentikan proses peradangan sehingga menyebabkan penyakit gusi.


13) Popcorn


Makanan ringan ini memberikan anti oksidan seperti polifenol yang meningkatkan kesehatan jantung. Mereka mengandung lebih banyak polifenol daripada kacang dan juga menjaga detak jantung halus sehingga meningkatkan kesehatan tubuh dan jantung.


14) Alkohol


Dianjurkan untuk minum alkohol dalam jumlah sedang setiap hari karena mencegah peradangan dan penipisan pembuluh sehingga darah dapat mengalir lancar menuju organ yang berbeda. Ini juga meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Ini juga mempromosikan produksi hormon estrogen yang membuat jantung sehat dan berfungsi dengan baik. Ini mungkin lebih bermanfaat bagi wanita selama siklus menstruasi mereka.


15) Oatmeal


Ini adalah sumber serat larut yang kaya. Ini membasahi semua kolesterol dari tubuh yang jika tidak akan diserap dalam aliran darah dan akan meningkatkan denyut jantung. Oatmeal instan tidak boleh dikonsumsi karena mengandung kadar gula tinggi yang akan meningkatkan kadar glukosa darah dan akan menghambat fungsi jantung yang normal.


Baca Juga : Gejala Penyebab Dan Pengobatan Gagal Jantung

Faktor Penyebab Jantung Bocor Dan Bahayanya

Author:

Facebook Comment