Apakah Anggur Merah Bermanfaat Bagi Hati Anda?

Apakah Anggur Merah Bermanfaat Bagi Hati Anda?


Pembicaraan tentang anggur merah yang baik untuk hati Anda telah terjadi di antara para penggemar anggur selama beberapa tahun. Ada kemungkinan besar bahwa Anda mungkin mendengar seseorang dari gelas mereka dengan lebih banyak anggur sambil berkata, "jangan khawatir, itu baik untuk hatiku!"



Memang benar bahwa anggur merah mungkin mengandung antioksidan dan senyawa lain yang mungkin melakukan keajaiban bagi suasana hati Anda dan menurunkan stres Anda. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anggur merah, dalam jumlah sedang, mungkin bermanfaat bagi kesehatan arteri koroner Anda, tetapi kaitannya masih belum dipahami dan dikonfirmasi.


Jadi bagaimana teori bahwa anggur merah baik untuk jantung, mendapatkan hype-nya? Ketika Anda mengajukan pertanyaan ini kepada seorang pendukung teori, mereka akan menunjukkan Paradox Prancis kepada Anda.


The French Paradox


Paradoks Prancis, istilah yang diciptakan selama tahun 1980-an, mengacu pada persepsi bahwa konsumsi anggur merah dapat menjelaskan mengapa penduduk Prancis memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah, meskipun asupan harian mereka dari diet kaya lemak.


Teori ini memberi para ilmuwan dan peneliti dorongan untuk menggali lebih dalam dan menemukan apakah ini benar. Beberapa penelitian mengarah pada penemuan polifenol, yang merupakan senyawa tanaman. Ditemukan dalam buah anggur merah dan ungu, serta sayuran dan buah-buahan lainnya, senyawa ini bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lebih khusus lagi, polifenol yang disebut Resveratrol ditemukan dalam anggur merah, yang diiklankan sebagai senyawa anti-penuaan yang juga mencegah penyakit jantung.


Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa Resveratrol mungkin memiliki manfaat yang menarik bagi jantung, tetapi masih belum ada bukti bahwa itu memiliki manfaat yang sama bagi manusia. Bahkan, jika manusia ingin menciptakan efek menguntungkan Resveratrol dari anggur merah, mereka harus mengonsumsi sekitar seribu gelas setiap hari. Lebih lanjut, sebuah penelitian di Italia pada orang dewasa yang dietnya sudah kaya Resveratrol tidak menunjukkan hubungan yang signifikan antara itu dan tingkat penyakit jantung.


Jadi di mana ini meninggalkan teori awal anggur merah yang baik untuk kesehatan?


Studi dan Pengamatan


Nah, menurut studi ini dan banyak lagi, tidak ada bukti kuat yang membuktikan teori dan menyarankan konsumsi anggur merah. Para ahli jantung dan peneliti telah membuat argumen bahwa penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang, yang mengkonsumsi anggur merah dalam jumlah sedang, memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah hanyalah pengamatan. Menurut mereka, penelitian ini hanya mampu menjelaskan hubungan antara keduanya, tetapi tidak ada bukti nyata sebab dan akibat.


Menurut sebuah artikel di jurnal Circulation , bahkan ada beberapa penelitian yang tidak menunjukkan bahwa anggur mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda daripada jenis minuman keras dan bir lainnya. Jika ini benar, maka orang Jepang akan memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Tetapi kenyataannya justru sebaliknya; tingkat penyakit jantung pada populasi Jepang bahkan lebih rendah daripada orang Prancis, namun mereka mengonsumsi bir, sake, dan minuman keras lainnya dalam jumlah besar.


Menurut hasil inklusif dari berbagai penelitian, paradoks Perancis tampaknya tidak terlalu paradoksal. Para ahli sekarang percaya bahwa kebiasaan gaya hidup dan rutinitas diet yang sehat dapat menjelaskan kesehatan jantung yang baik lebih baik daripada konsumsi anggur merah. Faktor lain yang mencemarkan paradoks Perancis adalah kemungkinan tidak dilaporkannya penyakit kardiovaskular oleh dokter Prancis.


Apa Kebenaran Anggur?


Kesimpulan dari studi perbandingan dan diskusi yang telah lama dilakukan di kalangan ahli jantung ternyata tidak jelas. Tanpa bukti kuat mendukung teori anggur merah yang bermanfaat untuk penyakit jantung, tetap tidak berdasar.


Apapun, anggur adalah minuman beralkohol yang lebih ringan dan lebih cocok daripada minuman keras keras lainnya, tetapi itu tidak berarti harus dikonsumsi dalam jumlah besar. Ada garis tipis antara minum anggur sebagai kebiasaan sehat dan berlebihan. Overindulgence sebenarnya bisa berbahaya bagi tubuh Anda, mempengaruhi hati Anda, otak, jantung dan sistem kekebalan tubuh. Ahli jantung menyarankan jumlah konsumsi anggur yang diukur yaitu sekitar 5 ons per hari atau kurang dengan diet yang sehat.


Baca Juga : Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Muda

Tanda fisik Anda Mengalami Penyakit Jantung

Author:

Facebook Comment