Manfaat Serta Efek Samping Meminum Jus Seledri

Manfaat Serta Efek Samping Meminum Jus Seledri


Meminum jus seledri mungkin tidak terdengar seperti pengalaman jus buah yang paling menarik dalam hidup Anda, tetapi dikemas dengan nutrisi yang berharga dan dapat memiliki berbagai efek menguntungkan pada tubuh Anda. Jus seledri diproduksi dengan membuat jus atau memadukan tangkai tanaman seledri, yang secara ilmiah dikenal sebagai  Apium graveolens.



Tangkai adalah bagian yang paling sering dimakan, tetapi daunnya kadang-kadang digunakan sebagai salad hijau, dan bijinya dapat digiling menjadi bumbu yang beraroma. Asli ke Afrika Utara dan daerah Mediterania, ini adalah salah satu sayuran yang paling banyak dibudidayakan, tumbuh dan dikonsumsi di dunia, dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan. Ini memiliki rasa ringan, sedikit kalori dan kandungan serat yang tinggi, yang membuatnya menjadi unsur makanan umum dalam berbagai budaya.


Jus seledri memiliki profil nutrisi unik yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk jus sayuran. Ini mengandung luteolin dan apigenin, dua antioksidan kuat, serta coumarin, phthalides, vitamin C, kalsium dan zat besi, jadi sementara banyak orang tidak mengambil seledri secara serius sebagai sayuran, itu dapat memiliki dampak nyata pada kesehatan Anda secara keseluruhan.


Ada beberapa macronutrients di seledri dan hanya 80 kalori dalam satu cangkir. Ada juga sekitar 1/2 gram serat di setiap tangkai seledri, tetapi sebagian besar dari bahan berserat itu akan dihilangkan setelah membuat jus. Meskipun berbagai nutrisi sempit, jus penurunan berat badan yang menyegarkan ini layak ditambahkan ke rejimen kesehatan harian atau mingguan Anda.


Manfaat Jus Seledri


Efek kesehatan utama dari jus seledri adalah kemampuannya untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kronis, meningkatkan sirkulasi, memperkuat tulang, melindungi integritas pembuluh darah, peradangan rendah, membantu gangguan tidur, memperbaiki penampilan kulit dan detoksifikasi tubuh, hanya untuk beberapa nama.


Kesehatan jantung


Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam jus seledri dikenal sebagai phthalides, yang dikaitkan dengan memperkuat dinding arteri dan mempercepat perbaikan dalam sistem kardiovaskular, yang dapat mengurangi tekanan pada jantung dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.


Sirkulasi


Dengan jumlah zat besi dalam seledri yang moderat, jus sayuran ini mampu memberikan sistem sirkulasi meningkatkan dengan meningkatkan produksi sel darah merah. Ini akan meningkatkan oksigenasi dan pengiriman sumber daya ke berbagai bagian tubuh, meningkatkan kecepatan metabolisme secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi organ.


Pencegahan Kanker


Dua senyawa antioksidan yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam seledri, luteolin dan apigenin, keduanya secara langsung terkait dengan efek anti-karsinogenik. Flavonoid ini dapat membantu mencari dan menetralisir radikal bebas, selain mengecilkan tumor dan memperlambat penyebaran kanker di berbagai bagian tubuh.


Penampilan Kulit


Menawarkan vitamin K, vitamin A dan vitamin C, jus sayuran ini dapat membantu mengobati sejumlah kondisi kulit yang berbeda, termasuk psoriasis, eksim, jerawat dan rosacea. Ini juga dapat memberikan antioksidan pada kulit, yang dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, bintik-bintik usia dan noda.


Detoksifikasi


Seledri sangat tinggi kandungan air dan beberapa bahan aktif juga memiliki fungsi diuretik. Ini berarti bahwa minum jus ini secara teratur dapat membuang racun keluar dari tubuh Anda dan meningkatkan tingkat buang air kecil Anda, membantu menghilangkan racun, lemak dan garam dari tubuh lebih cepat. Ini membantu mengurangi ketegangan pada hati Anda.


Kondisi Inflamasi


Salah satu manfaat seledri yang kurang terkenal berasal dari kandungan luteolin, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan jaringan dan otot di seluruh tubuh. Apakah Anda menderita radang sendi, asam urat, sakit kepala, wasir atau sakit perut, ada kemungkinan besar bahwa jus seledri dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.


Kesehatan Imun


Kandungan vitamin C dalam jus seledri dapat merangsang sistem kekebalan untuk menciptakan sel darah putih baru dan juga menggabungkan dengan apigenin, luteolin dan polyacetylenes dalam jus untuk memperkuat kemampuan tubuh Anda untuk mempertahankan diri terhadap patogen.


Kepadatan mineral tulang


Kandungan mineral dari jus seledri tidak luas tetapi terkonsentrasi pada mineral penting untuk kepadatan tulang. Kalsium, magnesium, dan zat besi dapat membantu meningkatkan serapan hara di usus, sementara memperkuat tulang dan sendi, menurunkan risiko Anda terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia.


Masalah Tidur


Kebanyakan orang tidak menganggap seledri sebagai zat penenang tetapi ada jumlah magnesium yang penting dalam jus ini, yang tidak hanya akan menurunkan tekanan darah dan detak jantung Anda, tetapi juga menenangkan tubuh, membantu Anda meringankan ke dalam tidur alami dan tidak terganggu. . Segelas jus seledri sebelum tidur mungkin semua yang Anda butuhkan untuk merasa segar di pagi hari!


Efek Samping Jus Seledri


Meskipun banyak efek positif dari jus ini pada kesehatan Anda, ada beberapa efek samping potensial yang harus dipertimbangkan, termasuk masalah dengan ginjal, reaksi alergi dan peningkatan kepekaan terhadap matahari. Bagi kebanyakan orang, konsumsi jus seledri secara teratur (dalam jumlah sedang) tidak menyebabkan salah satu efek samping ini, tetapi mereka yang memiliki perut sensitif atau kondisi yang sudah ada sebelumnya harus berhati-hati.


Masalah ginjal


Sementara tingkat air yang tinggi dalam seledri adalah kabar baik bagi orang-orang yang ingin membuang racun keluar dari tubuh mereka dan detoksifikasi, ini dapat menambah ketegangan pada ginjal, yang dapat berbahaya jika Anda sudah memiliki kondisi ginjal yang sudah ada sebelumnya.


Alergi


Tidak seperti banyak sayuran, seledri sebenarnya memiliki potensi alergi yang tinggi untuk orang-orang tertentu, dan reaksinya bisa sangat parah. Penting untuk mengetahui makanan apa yang Anda alergi, tetapi dalam dosis terkonsentrasi, seperti dalam jus seledri, reaksi masih bisa terjadi. Jika ada pembengkakan pada bibir, lidah atau tenggorokan, cari bantuan medis dan hentikan penggunaan jus.


Sinar matahari


Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam jus seledri benar-benar dapat meningkatkan sensitivitas kulit Anda terhadap matahari. Sementara fotosensitifitas ini tidak terjadi pada semua orang, orang dengan kulit yang adil cenderung mengalami hal ini lebih sering.


Cara Membuat Jus Seledri


Jus seledri bukanlah pilihan pertama yang akan Anda temui saat berjalan menyusuri lorong jus di sebuah toko kelontong, itulah sebabnya banyak orang memilih untuk membuat sendiri. Jus seledri juga murah dan mudah dibuat, dan menyiapkannya sendiri juga memungkinkan untuk variasi atau sentuhan rasa yang mungkin ingin Anda tambahkan. Jus seledri dengan sendirinya dapat menjadi sedikit hambar, sehingga banyak orang suka menambahkan apel, lemon, madu dan berbagai buah atau sayuran lain untuk meningkatkan rasa.


Resep & Bahan:




  • 4 batang seledri

  • 1 apel, buang biji dan kupas

  • 1 wortel (sedang), kupas

  • 1 sendok teh madu

  • Langkah 1 - Cuci semua bahan dengan seksama.

  • Langkah 2 - Tambahkan seledri, apel, dan wortel ke dalam blender.

  • Langkah 3 - Blend selama 2-3 menit sampai konsistensi merata.

  • Langkah 4 - Saring campuran ke dalam botol lain melalui saringan atau kain tipis.

  • Langkah 5 - Peras atau tekan sisa buah dan serat nabati ke kain tipis untuk mengekstrak setiap bit jus.

  • Langkah 6 - Sajikan dengan setengah batang seledri dan nikmatilah!


Baca Juga : Manfaat Dari Buah Goji Beryy

Manfaat zucchini Untuk Kesehatan Jantung

Author:

Facebook Comment