Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri



Penyebab Umum Nyeri Dada


Terlalu sering, penyebutan nyeri dada memunculkan gambaran serangan jantung , tetapi ada banyak penyakit dan kondisi lain yang dapat memicu gejala ini. Beberapa dari mereka — seperti otot dada yang Anda tarik daun penggaruk musim gugur yang lalu — lebih menyebalkan daripada serius. Tetapi yang lain bisa jauh lebih serius.


Health.com berbicara dengan tiga ahli jantung terkemuka di seluruh negeri, dan mereka semua mengulangi satu hal: Jika Anda mengalami nyeri dada, dan Anda tidak 100% yakin apa penyebabnya, hubungi dokter atau hubungi 911.


"Saya tahu satu orang yang meninggal dan hal terakhir di bar pencarian mereka adalah ' gejala serangan jantung ,'" kata Sharonne Hayes, seorang ahli jantung di Mayo Clinic di Rochester, Minn.


Christine Jellis, MD, PhD, seorang ahli jantung di Cleveland Clinic, beberapa detik itu. "Sebagai seorang dokter, saya lebih suka membiarkan seseorang tahu bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan daripada memiliki seseorang [datang kepada kami] terlambat dan memiliki kerusakan permanen," kata Dr Jellis.


Berikut adalah tujuh kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada — dan apa yang setiap orang harus ketahui tentang cara mengobatinya.


Mulas


Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana seseorang bisa salah mengira gejala-gejala refluks asam untuk serangan jantung, tetapi ada alasan mengapa itu disebut luka bakar jantung .


Gastroesophageal reflux terjadi ketika isi perut seseorang — termasuk asam lambung yang membantu memecah makanan — kembali ke esofagus, tabung yang menghubungkan tenggorokan dan perut. Asam lambung sangat asam, karena itu, sensasi terbakar di belakang tulang dada Anda; pada skala pH, skornya sekitar 2 , jatuh di suatu tempat antara asam baterai dan cuka. (Perut kita dilapisi dengan selaput pelindung yang melindungi dari efek asam korosif, sementara esofagus kita tidak.)


Refluks sesekali cukup umum dan mungkin tidak perlu khawatir, tetapi jika Anda mengalaminya dua kali seminggu atau lebih, Anda mungkin mengalami gastroesophageal reflux disease ( GERD ). Jika tidak diobati seiring waktu, GERD dapat menyebabkan asma , kemacetan dada, dan kondisi yang disebut kerongkongan Barrett , yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan jenis kanker yang langka.


Ketegangan Otot


Pejuang akhir pekan, perhatikan: Jika Anda belum mengangkat sesuatu yang lebih berat daripada MacBook selama lebih dari beberapa tahun, Anda mungkin ingin memikirkan kembali kelas CrossFit yang Anda daftarkan.


Ada kemungkinan bagi seseorang untuk mengira otot dada yang tegang untuk sesuatu yang lebih serius, seperti serangan jantung, kata Dr. Jellis. "Saya punya pasien yang datang dengan nyeri dada dan dia khawatir dia mengalami serangan jantung," katanya. “Setelah mengambil sejarahnya, saya belajar dia pindah [ke rumah baru] dan tidak mengangkat perabotan berat dalam beberapa tahun. Tapi dia melakukan hal yang benar, masuk. ”


Dokter tidak mengharapkan pasien untuk dapat mengetahui perbedaan antara serangan jantung dan otot dada yang ditarik, katanya, tetapi aturan praktis yang baik adalah bahwa jika Anda dapat menekan pada dinding dada dan itu terasa lebih menyakitkan. , itu lebih mungkin menjadi cedera muskuloskeletal daripada masalah dengan ticker Anda.


Costochondritis


Diperkirakan 13% hingga 36% orang dewasa yang muncul ke ruang gawat darurat atau kantor dokter mereka dengan nyeri dada akut didiagnosis dengan costochondritis , atau peradangan di mana tulang rusuk bertemu dengan kartilago, menurut tinjauan 2009 di jurnal American Dokter Keluarga . Meskipun dokter tidak selalu dapat menentukan apa yang memicu kondisi tersebut, penyebabnya dapat berkisar dari infeksi virus hingga cedera dada. Biasanya, orang-orang merasakan tekanan di dinding dada mereka dan — mirip dengan otot yang tegang — kelembutan ketika mereka menekan area tersebut.


 Dalam hal ini, dokter mungkin akan mulai dengan mengambil riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. "Seorang dokter akan ingin mengesampingkan masalah serius jantung dan lainnya terlebih dahulu," kata Dr. Jellis. “Kemungkinan besar adalah diagnosis dengan pengecualian.” Jika Anda memiliki costochondritis, rasa sakit biasanya hilang dalam beberapa hari atau minggu; mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu.


Sinanaga


Virus yang menyebabkan cacar air berlama-lama di tubuh Anda lama setelah bintik-bintik memudar. Faktanya, varicella-zoster dapat kembali aktif pada masa dewasa (biasanya pada orang yang lebih tua dari 50) sebagai penyakit yang disebut shingles. Gejala pertama termasuk gatal dan kulit terbakar. Jika area di atas dada terpengaruh, seseorang mungkin salah mengira nyeri baru ini untuk serangan jantung atau masalah jantung lainnya, kata Salman Arain, MD, seorang ahli jantung intervensional dengan McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center di Houston dan Memorial. Hermann Heart & Vascular Institute-Texas Medical Center. Beberapa hari kemudian, bagaimanapun, ruam tanda dapat muncul, diikuti oleh lecet.


Jika Anda berpikir Anda memiliki herpes zoster, Anda harus memanggil dokter secepatnya. Obat antivirus dapat mengurangi rasa sakit dan memperpendek durasi gejala, tetapi hanya jika Anda meminumnya dalam 72 jam setelah ruam muncul. Jika terlambat untuk menggunakan antivirus, dokter Anda dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit yang diresepkan.


Perikarditis


Jika Anda telah berjuang melawan infeksi virus selama beberapa hari terakhir, kemudian tiba-tiba bangun dengan rasa sakit yang tajam dan menusuk di dada Anda, Anda mungkin telah mengembangkan perikarditis, peradangan pada lapisan jaringan yang mengelilingi jantung kita, kata Dr. Arain.


Infeksi pernapasan sering disalahkan, meskipun penyebab lain termasuk gangguan autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis . Meskipun perikarditis biasanya jinak, kata Dr Arain, itu benar-benar dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.


Dokter Anda dapat mendiagnosis kondisi Anda setelah memesan CT scan, EKG, atau x-ray dada. Kemungkinannya adalah, bagaimanapun, perikarditis Anda akan hilang dalam beberapa hari atau minggu hanya dengan beristirahat atau mengambil obat nyeri over-the-counter seperti ibuprofen, yang juga membantu memadamkan peradangan.


Pankreatitis


Hanya karena nyeri dada seseorang bukan serangan jantung, bukan berarti itu tidak berbahaya. Salah satu contoh: pankreatitis akut - peradangan pankreas yang tiba-tiba, yang terletak tepat di belakang perut. "Nyeri perut yang intens bisa memancar sampai ke dada," kata Dr Arain. “Dan rasa sakit akibat pankreatitis biasanya adalah rasa sakit yang mendalam dan mendalam.” Sering kali, pankreatitis terjadi ketika batu empedu(biasanya terbuat dari kolesterol keras) memicu peradangan di pankreas — sesuatu yang lebih mungkin terjadi pada wanita daripada pria. Jika Anda berpikir Anda menderita pankreatitis, Anda harus segera mendapatkan perhatian medis; Anda mungkin harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari untuk mendapatkan antibiotik, cairan IV, dan obat pereda nyeri. Dokter Anda juga akan ingin melakukan pekerjaan darah dan memesan tes lain, seperti CT scan atau ultrasound perut.


Penyakit arteri koroner


Penyakit arteri koroner ( CAD ) adalah jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan plak di arteri yang memasok darah ke jantung. Seiring waktu, deposito kolesterol menempatkan diri di dinding arteri ini, yang dapat memblokir aliran darah dan menyebabkan nyeri dada. Sementara CAD dapat menyebabkan serangan jantung mendadak, itu juga dapat berkontribusi pada gagal jantung dan aritmia. Jika Anda menerima diagnosis penyakit arteri koroner, dokter Anda mungkin ingin memulai Anda pada statin, memasukkan stent ke salah satu arteri, atau menjadwalkan Anda untuk operasi bypass.


Yang membawa kita kembali ke nomor satu aturan ahli jantung memberi kami: Jika Anda mengalami nyeri dada, penting untuk memeriksanya, stat.


“Salah satu pesan kesehatan masyarakat terbesar adalah membuat orang bertindak ketika mereka mengalami nyeri dada,” kata Dr. Hayes. “Dan kita masih memiliki orang-orang yang mengabaikan rasa sakit mereka, yang merasakan nyeri dada tetapi tidak berpikir serangan jantung ... Saya mengerti khawatir, bagaimana jika ambulans muncul di jalan masuk saya dan saya kembali dan itu hanya gangguan pencernaan? Dan itulah mengapa saya secara khusus mengatakan, 'Ada cukup banyak orang yang telah meninggal di rumah berpikir itu adalah gangguan pencernaan dan itu benar-benar serangan jantung.' Jika itu adalah gejala baru dan Anda belum pernah mengalaminya, atau rasa sakit itu datang atau pergi atau semakin memburuk, hubungi 911 — jangan panggil pacarmu atau suamimu atau menyetir sendiri. Telepon saja. "


Serangan panik


Memiliki serangan panik tentu bisa terasa seperti serangan jantung; orang-orang sering percaya bahwa mereka sekarat ketika mereka memilikinya. Selain nyeri dada, gejalanya bisa berupa jantung berdebar, berkeringat, gemetar, mual, pusing, dan perasaan menjadi gila.


Serangan panik cenderung muncul tiba-tiba tanpa peringatan. Anda mungkin rentan terhadap mereka jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat serangan panik, jika Anda berurusan dengan perubahan besar dalam hidup dan stres yang sedang berlangsung (seperti penyakit serius orang yang Anda cintai), atau jika Anda baru saja selamat dari trauma acara (seperti perampokan atau kecelakaan mobil).


Jika Anda berpikir Anda telah mengalami serangan panik, itu pintar untuk mengunjungi dokter perawatan primer Anda. Dokumen Anda mungkin mengarahkan Anda ke seorang psikolog atau psikiater.


Baca Juga : Khasiat Dan Manfaat Minum Jus Seledri

Manfaat Buah Goji Beryy

Author:

Facebook Comment