9 Manfaat Kesehatan Dari Buah Goji Berries

9 Manfaat Kesehatan Dari Buah Goji Berries


Goji berry telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir, sering dipromosikan sebagai "superfood." Mereka berpikir untuk membantu mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki manfaat untuk diabetes dan melindungi terhadap penyakit jantung dan kanker. Tetapi apakah mereka benar-benar sesuai dengan hype? Artikel ini mengeksplorasi 9 manfaat goji berry yang sebenarnya didukung oleh sains.



Goji berry, secara ilmiah dikenal sebagai Lycium barbarum , juga dikenal sebagai wolfberries, fructus lycii dan gougizi. Berry merah kering ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional China selama lebih dari 2.000 tahun. Mereka memiliki rasa manis dan dapat dimakan mentah atau dikonsumsi sebagai jus atau teh herbal. Mereka juga bisa diambil sebagai ekstrak, bubuk dan tablet.


Semua buah biru atau merah gelap, termasuk goji berry, mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Apa yang unik tentang goji berry adalah bahwa mereka mengandung antioksidan tertentu yang disebut Lycium barbarum polysaccharides, yang dianggap memberikan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan. Selain itu, goji berry menyediakan 11 asam amino esensial - lebih dari buah beri lainnya.


1.Sangat Bergizi


Kandungan nutrisi dari goji berry dianggap sangat bervariasi tergantung pada jenis, kesegaran dan bagaimana mereka diproses. Sebagai panduan kasar, ¼ cangkir (85 gram) buah goji kering memiliki sekitar:




  • Kalori: 70

  • Gula: 12 gram

  • Protein: 9 gram

  • Serat: 6 gram

  • Lemak: 0 gram

  • Vitamin A: 150% dari RDI

  • Tembaga: 84% dari RDI

  • Selenium: 75% dari RDI

  • Vitamin B2 (riboflavin): 63% dari RDI

  • Besi: 42% dari RDI

  • Vitamin C: 27% dari RDI

  • Kalium: 21% dari RDI

  • Seng: 15% dari RDI

  • Tiamin: 9% dari RDI


Selain itu, mereka dikemas penuh dengan antioksidan kuat, termasuk karotenoid, lycopene, lutein dan polisakarida. Faktanya, polisakarida membentuk 5–8% dari buah goji kering. Beratnya, buah ini mengandung banyak vitamin C seperti lemon segar dan jeruk.


Untuk buah, goji berry relatif tinggi protein dan serat, dua nutrisi yang dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Satu porsi 100 gram goji berry menyediakan sekitar 11 gram protein, dibandingkan dengan hanya 1 gram protein di setiap 100 gram blueberry atau raspberry.


Goji berry juga kaya akan tembaga, besi, selenium dan seng. Mineral ini sangat penting untuk fungsi semua organ Anda, melindungi sel-sel Anda dan membantu mengoptimalkan metabolisme.


Ringkasan: Goji berry sangat bergizi. Mereka tinggi serat, protein dan berbagai vitamin dan mineral termasuk zat besi, tembaga, selenium dan vitamin A dan C.


2.Sumber Antioksidan Yang Sangat Baik


Antioksidan melindungi terhadap radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel Anda. Goji berry memiliki kapasitas penyerapan radikal oksigen yang tinggi (ORAC) skor 3,290. Peringkat ini menunjukkan jumlah antioksidan dalam makanan tertentu. Skor ORAC dari goji berry jauh lebih tinggi daripada skor untuk pisang (795) dan apel (2.828), tetapi sedikit kurang dari skor blackberry (4.669) dan raspberry (5.065). Perlu diingat bahwa nilai ORAC ditentukan dalam studi tabung-tabung, sehingga buah-buahan ini tidak selalu memiliki efek yang sama dalam tubuh manusia. Namun, ada bukti lain bahwa goji berry dapat meningkatkan tingkat antioksidan pada manusia.


Penanda antioksidan meningkat lebih dari 8% di antara 50 orang dewasa yang sehat yang minum 4 ons (120 ml) jus goji berry yang terkonsentrasi setiap hari, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum jus. Satu penelitian pada pria dan wanita lansia yang sehat menemukan bahwa minum goji berry berbasis susu setiap hari selama 90 hari meningkatkan tingkat antioksidan zeaxanthin sebesar 26%, dan meningkatkan kapasitas antioksidan secara keseluruhan sebesar 57%. Ini adalah berita bagus, karena antioksidan yang dikonsumsi melalui diet dianggap penting untuk kesehatan dan perlindungan terhadap penyakit kronis.


Ringkasan: Mengkonsumsi jus goji berry yang terkonsentrasi secara teratur dapat meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh.


3.Mungkin Memiliki Manfaat Anti-Aging


Antioksidan seperti yang ada di goji berry dapat membantu melawan penuaan dengan mencegah radikal bebas dari kerusakan kolagen di kulit. Beberapa penelitian kecil juga menunjukkan bahwa ekstrak goji berry dapat membantu menunda proses penuaan dalam sel. Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak goji berry menghambat glycation, sebuah proses yang menua kulit.


Studi tabung-tabung lain menemukan bahwa ekstrak goji berry meningkatkan sintesis DNA dalam sel-sel tertentu, melindungi mereka terhadap penuaan yang disebabkan oleh kerusakan DNA. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya antioksidan dianggap membantu melindungi terhadap penuaan dini. Hasil awal ini menjanjikan, tetapi penelitian pada manusia diperlukan.


Ringkasan: Ekstrak Goji berry telah terbukti melindungi terhadap kerusakan sel di test-tube dan penelitian pada hewan. Ini dapat melindungi terhadap penuaan dini, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan pada manusia.


4.Dapat Membantu Mencegah Pertumbuhan Kanker


Ekstrak Goji berry telah dikaitkan dengan aktivitas anti-kanker baik dalam penelitian hewan dan manusia. Uji-tabung penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak goji berry menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, mencegah mereka menyebar, dan bahkan menghancurkan mereka. Satu studi pada tikus menemukan bahwa diet rutin goji berry menghambat perkembangan tumor kanker. Raspberry, stroberi, blueberry, buah noni, dan açaí berries sama efektifnya. Efek penghambat tumor potensial dari goji berry kemungkinan karena kemampuan mereka untuk meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi tingkat sitokin inflamasi IL-5 dan IL-8 dalam darah.


Sebuah penelitian pada 79 orang dengan kanker stadium lanjut menemukan bahwa mereka yang diberi imunoterapi ditambah ekstrak goji terkonsentrasi mengalami tingkat regresi kanker 25% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang menerima imunoterapi saja. Efek anti-kanker ini kemungkinan disebabkan oleh antioksidan yang ditemukan dalam goji berry. Namun demikian, perlu diingat bahwa sebagian besar dari studi ini hanya menggunakan bagian buah yang diekstraksi dan terkonsentrasi, bukan hanya goji berry saja.


Ringkasan: Ekstrak Goji berry dapat menghambat atau memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan dapat secara aktif menghancurkannya.


5.Dapat Meningkatkan Kontrol Gula Darah


Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak goji berry mungkin memiliki efek positif pada kontrol gula darah. Satu studi memberikan ekstrak polisakarida goji berry ke tikus dengan diabetes tipe 2 selama empat minggu. Para peneliti menemukan bahwa kadar glukosa darah menurun hampir 35% dari tikus.


Studi lain menemukan hal yang sama. Tikus dengan diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi ekstrak goji berry setiap hari selama tiga minggu memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan, serta peningkatan sensitivitas insulin. Efek positif pada gula darah sangat terkait dengan aktivitas antioksidan ekstrak goji berry.


Studi di bidang ini telah menunjukkan bahwa ekstrak goji berry meningkatkan sensitivitas insulin dengan meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel melalui molekul pengangkut GLUT4, dan dengan meningkatkan sekresi insulin oleh pankreas. Namun, penelitian ini terbatas pada hewan, jadi tidak jelas apakah manusia akan mengalami efek positif yang sama. Lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan.


Ringkasan: Uji-tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak goji berry meningkatkan kendali gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan sekresi insulin oleh pankreas.


6.Dapat Meningkatkan Tingkat Energi


Mengkonsumsi ekstrak goji berry terkonsentrasi atau jus telah dikaitkan dengan peningkatan energi dan perasaan kesejahteraan secara keseluruhan. Ketika tikus diberi ekstrak goji berry, mereka beradaptasi lebih cepat dengan latihan tertentu. Mereka juga menunjukkan peningkatan kinerja dan pemulihan yang lebih baik setelah tes latihan.


Diperkirakan ekstrak goji berry dapat meningkatkan pembentukan glikogen otot dan hati, suatu bentuk penyimpanan glukosa yang membantu Anda mempertahankan aktivitas fisik. Ini juga dapat mempercepat pembersihan nitrogen urea darah, produk limbah yang dihasilkan tubuh Anda setelah olahraga berat.


Hasil serupa ditemukan pada manusia. Dalam satu penelitian terkontrol, 34 pria dan wanita sehat mengkonsumsi 4 ons (120 ml) jus goji berry pekat selama 14 hari. Akibatnya, mereka melaporkan peningkatan energi, performa olahraga yang lebih baik, kualitas tidur yang lebih baik dan mengurangi stres dan kelelahan dibandingkan sebelum mereka mulai mengonsumsi jus. Mereka juga melaporkan merasa lebih bahagia dan lebih puas.


Ringkasan: Konsumsi ekstrak goji berry secara teratur dapat meningkatkan tingkat energi, kinerja latihan, dan perasaan kesejahteraan secara keseluruhan.


7.Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan


Goji berry memiliki sifat tertentu yang dapat membuat mereka ramah berat badan. Misalnya, mereka kaya serat, yang dapat membantu mengontrol gula darah dan nafsu makan, membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Goji berry juga memiliki indeks glikemik rendah (GI).


Nilai GI untuk makanan atau minuman tertentu menunjukkan efeknya terhadap kadar gula darah Anda begitu Anda memakannya. Karena makanan rendah GI melepaskan gula lebih lambat ke dalam aliran darah, mereka dianggap membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar. Ada beberapa bukti bahwa jus goji berry dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme.


Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika pria dan wanita yang kelebihan berat badan mengkonsumsi satu dosis tunggal (120-ml) dari jus goji berry yang terkonsentrasi, kemampuan mereka untuk membakar kalori setelah satu jam adalah 10% lebih besar daripada pada mereka yang tidak mengkonsumsi jus. .


Ketika peserta mengkonsumsi jus goji berry lebih dari 14 hari, lingkar pinggang mereka menurun rata-rata 1,9 inci (4,7 cm) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Namun, penelitian ini kecil dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan apakah mengkonsumsi jus goji berry pasti menghasilkan penurunan berat badan.


Ringkasan: Goji berry rendah GI dan kaya serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jus goji berry yang terkonsentrasi dapat meningkatkan penurunan berat badan melalui pembakaran kalori yang meningkat.


8.Dapat Meningkatkan Tingkat Kolesterol


Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengambil ekstrak goji berry mungkin memiliki efek positif pada tingkat kolesterol. Ketika kelinci dengan kolesterol tinggi diobati dengan ekstrak goji berry selama 10 hari, kadar kolesterol dan trigliserida mereka menurun dan kolesterol HDL "baik" mereka meningkat.


Para penulis studi menyarankan peningkatan kadar kolesterol kemungkinan disebabkan oleh polisakarida antioksidan dan vitamin dalam ekstrak goji berry. Dalam studi lain, ketika tikus diabetes mengkonsumsi 10 mg ekstrak goji berry setiap hari selama tiga minggu, mereka menunjukkan penurunan kadar trigliserida dan kolesterol.


Ringkasan: Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak goji berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total, dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”.


9.Semoga Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Ekstrak Goji berry dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Satu studi di 60 orang dewasa yang lebih sehat menemukan bahwa mengambil 3,4 ons (100 ml) jus goji berry yang terkonsentrasi setiap hari selama 30 hari menyebabkan peningkatan fungsi kekebalan tubuh.


Lebih khusus, itu meningkatkan limfosit, sel-sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus berbahaya. Beberapa penelitian pada hewan mendukung temuan ini, menunjukkan bahwa ekstrak goji berry meningkatkan produksi T-limfosit.


Ringkasan: Ekstrak Goji berry dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh terhadap bakteri dan virus berbahaya.


Apakah Mereka Benar-Benar Sehat Seperti Yang Orang Katakan?


Goji berry dikemas dengan banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Mereka terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kontrol gula darah, membantu penurunan berat badan, melawan penuaan dan melindungi terhadap kanker.


Namun demikian, lebih banyak studi manusia diperlukan. Sebagian besar manfaat juga tampak terkait dengan jus pekat atau ekstrak yang dimurnikan, keduanya memiliki tingkat senyawa aktif lebih tinggi daripada yang Anda dapatkan dari buah goji segar atau kering.


Selain itu, buah goji dan produknya bisa mahal.


Secara keseluruhan, masuk akal untuk memasukkan mereka sebagai bagian dari diet sehat menyeluruh yang melibatkan berbagai buah dan sayuran lainnya.


Anda tidak Perlu sekarang goji sudah tersedia dalam kemasan sachet yaitu fiforlif Jus.

Baca Juga : Manfaat Nutrisi Zucchini Untuk Kesehatan Jantung

Tanda Tanda Anda Memiliki Masalah Pada Jantung

Author:

Facebook Comment